Kamis, 07 April 2011

KESEIMBANGAN PENDAPATAN NASIONAL { Y = C + I + G + (X-M) }


Perkonomian empat sektor (perekonomian terbuka) adalah suatu perekonomian yang didalamnya sudah terdapat perdagangan luar negeri (ekspor-impor). Pengeluaran agregat atau aggregate expenditure (AE) perekonomian empat sektor terdiri dari :
(1)    Pengeluaran konsumsi rumah tangga ( C )
(2)    Pengeluaran Investasi ( I )
(3)    Pengeluaran belanja pemerintah ( G )
(4)    Ekspor bersih ( X-M )

♦ Ekspor (X)
Meningkatnya jumlah produk (barang dan jasa) yang dihasilkan oleh suatu negara, maka juga akan meningkatkan pendapatan nasional ( Y ) negara tersebut. Karena ekspor merupakan salah satu jenis pengeluaran agregat (aggregate expenditure), sehingga dapat mempengaruhi tingkat pendapatan nasional yang akan dicapai oleh suatu negara. “Apabila ekspor meningkat, maka pengeluaran agregat akan meningkat pula, dan keadaan ini selanjutnya akan menaikan pendapatan nasional “.
“ Namun sebaliknya, pendapatan nasional (Y), tidak dapat mempengaruhi besar kecilnya ekspor “. Apabila pendapatan nasional bertambah besar, ekspor belum tentu meningkat, atau besarnya ekspor dapat meningkat atau mengalami perubahan, meskipun pendapatan nasional tetap besarnya.

  Impor (M)
Dalam analisis makroekonomi diasumsikan bahwa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya pembelian barang dari luar negeri (impor) suatu negara adalah kemampuan membayar (daya beli) negara tersebut terhadap barang impor. Makin tinggi kemampuan membayar (daya beli)-nya makin tinggi pula impor yang dapat dilakukannya. Karena tinggi rendahnya daya beli suatu negara dipengaruhi oleh tingkat pendapatan nasionalnya. Maka tinggi rendahnya impor negara tersebut, juga ditentukan oleh besar kecilnya pendapatan nasionalnya. “ Makin tinggi pendapatan nasional, makin besar pula impor yang dapat dilakukan oleh negara tersebut “.

Syarat keseimbangan perekonomian negara adalah : penawaran agregat (pendapatan nasional=Y)= permintaan agregat (agregat demand)

Agregat demand dalam perekonomian terbuka adalah :

AD = C + I + G + ( X – M )

Sehingga pendapatan nasional ekuilibrium adalah :

Y = C + I + G + ( X – M )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar